July 17, 2024

Rempah adalah salah satu rahasia kelezatan masakan Nusantara. Bahan ini sering dijadikan sebagai bumbu dasar, salah satunya adalah bumbu dasar putih. Bumbu ini merupakan andalan dalam kuliner Indonesia. Jika kamu suka memasak, pasti sudah tidak asing lagi dengan bumbu ini.

Bumbu dasar putih ini mudah dibuat, sehingga sering dijadikan stok oleh para ibu di Indonesia. Jika ingin masakanmu enak dengan cara yang simpel, mari ikuti cara membuat bumbu dasar putih berikut!

Menyiapkan Bahan Pembuatan Bumbu Dasar Putih

Bahan-bahan untuk bumbu dasar putih sangat sederhana dan hampir selalu tersedia di dapur. Berikut daftarnya.

Bahan dasar bumbu putih:

  • Kemiri, sangrai – 125 gram
  • Ketumbar, sangrai – 50 gram
  • Bawang merah – 270 gram
  • Bawang putih – 125 gram
  • Garam – 2 sdt
  • Merica butiran – 2 sdt
  • Minyak goreng – 100 ml
  • Batang serai, jahe, daun jeruk, daun salam, dan lengkuas – secukupnya.

Semua Bahan Dihaluskan

Siapkan blender atau chopper, lalu masukkan ketumbar, kemiri, bawang putih, bawang merah, garam, merica bubuk, dan air. Haluskan semua bahan hingga benar-benar lembut.

Masak dengan Cara Menumis Bumbu Hingga Kering

Setelah bumbu dasar putih halus, masak hingga mengering. Kemudian, tambahkan minyak goreng, daun salam, daun jeruk, lengkuas, serai, dan jahe. Tumis bumbu hingga harum dan matang. Setelah itu, angkat dan biarkan dingin.

Simpan Bumbu ke Dalam Wadah yang Bersih

Sebagai langkah terakhir, masukkan bumbu dasar putih ke dalam wadah bersih. Simpan bumbu di dalam kulkas agar lebih tahan lama. Kamu bisa langsung menambahkannya pada masakan saat diperlukan.

Kumpulan Masakan yang Menggunakan Bumbu Dasar Putih

1. Resep semur ayam istimewa

Untuk resep semur ayam goreng ini, cukup tambahkan jahe, serai, dan daun salam saat memasak bersama bumbu dasar putih. Setelah bumbu matang dan tercampur rata, masukkan daging ayam dan telur. Tambahkan air, kecap manis, kaldu ayam, gula merah, dan pala. Masak hingga mendidih, lalu kecilkan api. Setelah kuah mengental, semur ayam siap disajikan.

2. Resep opor ayam tanpa santan

Rempah-rempah dalam resep ini begitu lengkap dan harum. Sungguh mengundang selera! Setelah menyiapkan bumbu dasar putih yang sudah tersedia, tambahkan lengkuas, kencur, kemiri, jintan, dan gula merah. Tumis hingga harum, lalu tambahkan ayam dan susu. Aduk sesekali hingga opor ayam mendidih, kemudian kecilkan api dan masak hingga kuah mengental. Sajikan selagi hangat.

3. Resep rawon

Tidak seperti semur atau opor, rawon memiliki warna hitam dan cita rasa yang unik berkat penggunaan keluak. Padukan bumbu dasar putih dengan keluak, kunyit, cabai merah, dan ketumbar. Tumis bumbu halus, tambahkan daun jeruk, serai, serta lengkuas, dan air asam jawa. Masukkan daging, aduk rata, dan tuangkan air rebusan daging. Bumbui dengan kaldu sapi dan kecap manis. Masak hingga daging matang dan bumbu meresap. Resep rawon yang lezat ini siap untuk dinikmati.

4. Resep empal gentong khas Cirebon

Bumbu dasar putih yang telah ditumis dengan tambahan jintan, jahe, kunyit, ketumbar, dan merica langsung dimasukkan ke dalam rebusan daging sapi. Dalam rebusan ini, sudah terdapat berbagai rempah seperti daun salam, daun jeruk, lengkuas, kayu manis, bunga lawang, dan gula jawa. Tidak heran jika empal gentong menjadi hidangan yang sangat terkenal dan sering disajikan pada acara-acara istimewa.