Penyebab Freon AC Bocor Yang Harus Diketahui Sejak Dini

Freon AC bocor adalah salah satu masalah yang sering dialami oleh produk elektronik AC. Ternyata kebocoran freon ini tidak hanya merugikan tetapi juga bisa membahayakan bagi kesehatan Anda dan anggota keluarga lainnya di rumah.

Dengan begitu, Anda harus tahu apa penyebab freon yang mengalami kebocoran sejak dini agar tidak menghawatirkan hasilnya. Berikut beberapa penyebab AC bocor di bagian freon.

1. Pipa Instalasi Alami Korosi

Yang pertama, bagian pipa instalasi yang yang sudah mengalami korosi atau karat hal ini dikarenakan pemakaian pipa yang sudah dilakukan dalam waktu cukup lama. Pipa AC yang dipakai adalah berbahan dasar tembaga dengan kualitas beragam mulai dari kualitasnya rendah sampai yang paling bagus.

Saat dipakai untuk penggunaan AC, pipa akan melakukan sirkulasi gas refrigerant yang lama kelamaan akan menipis dan terjadi korosi. Ketika terjadi korosi maka ada kemungkinan akan mengalami kebocoran. Pipa tembaga umumnya bisa dipakai sampai lebih dari 5 tahun bahkan sampai 10 tahun tergantung kualitas dari pipanya.

Kualitas pipa tembaga terbaik memiliki ketebalan minimal 0,6 mm dan mudah dibengkokkan tapi tidak akan mudah patah atau retak.

2. Sambungan Pipa Tidak Sempurna

Penyebab freon AC bocor berikutnya adalah pada proses instalasi pemasangan AC sehingga sambungan pipa tidak terjadi secara sempurna. Alasannya bisa karena pemasangan baut yang tidak kencang sehingga terdapat celah pada baut tersebut yang bisa menyebabkan freon menjadi bocor.

Bisa juga kebocoran terjadi akibat pengelasan yang kurang sempurna jadi penyambungan pipanya terjadi celah. Sekecil apapun celah yang muncul freon bisa bocor. Jadi pastikan untuk memilih jasa service terbaik agar penyambungan pipa AC bisa lebih sempurna dilakukan. Ketika melakukan perawatan AC jangan lupa selalu memeriksa bagian freon dan lakukan testing.

3. Flaring Yang Retak

Kebocoran pada freon juga bisa diakibatkan karena kegiatan flaring yang tidak tepat. Saat pemasangan AC, terjadi kegiatan menghubungkan unit AC dengan pipa menggunakan sistem baut yang disebut sebagai flaringan. Kegiatan flaringan yang tidak sempurna, sehingga terdapat retak atau pecah pada bagian tersebut tentu akan menyebabkan potensi kebocoran pada freon lebih tinggi.

Hal ini sangat penting memilih jasa service AC yang memang menggunakan peralatan memadai bahkan alat-alat tersebut setidaknya sudah bersertifikat SNI. Sehingga ketika alat yang digunakan berkualitas maka proses penyaringan bisa dilakukan secara sempurna pada pipa.

4. Bagian Evaporator Dan Kondensor

Selanjutnya bisa juga terjadi kebocoran pada freon yang terdapat pada evaporator atau kondensor. Bagian evaporator atau kondensor yang menggunakan bahan aluminium dan sudah dipakai dalam waktu lama tentu akan mengalami korosi.

Untuk mencegah hal ini terjadi, maka pilih komponen-komponen AC yang menggunakan bahan anti karat dan korosi. Bisa juga terjadi kebocoran akibat pemakaian evaporator yang yang unit indoor dan outdoor-nya memiliki perbedaan merek. Komponen-komponen tersebut bisa dipakai dengan merk yang berbeda asalkan tipe dan kapasitasnya masih sama.

Itu tadi beberapa penyebab freon AC bocor yang perlu Anda ketahui lebih cepat. Karena ketika freon mengalami kebocoran dan bisa diperbaiki lebih cepat lagi maka akan berdampak baik pada ada kesehatan anggota keluarga di rumah. Bahaya freon AC yang bocor atau habis, bisa menyebabkan kematian akibat freon yang terhirup dan membuat iritasi pada beberapa bagian tubuh.

Untuk perbaikan freon yang bocor maka anda bisa menggunakan tukang service AC terbaik dan profesional. Dalam pemilihan jasa service ini maka sebaiknya gunakan platform Sejasa. Platform tersebut akan membantu Anda untuk menemukan jasa service AC dan produk elektronik lainnya, dengan kualitas pekerjaan terbaik dan bisa dipertanggungjawabkan. Informasi lebih lengkap Anda bisa langsung kunjungi website resmi Sejasa dan aplikasinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *